Langsung ke konten utama

Tata Surya



tata surya adalah susunan benda langit yang terdiri atas matahari, planet-planet dan benda langit lain yang mengeliling matahari.

Macam – macam benda langityaitu bintang, planet, asteroid, satelit, komet, meteroid.
Teleskop adalah alat untuk melihat benda-benda langit.

Pusat tata surya adalah matahari, matahari tergolong bintang karena dapat memancarkan cahanya sendiri.

Planet adalah benda langit yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri ( memantulkan dari benda langit yang lain ), orbit adalah gari edar (lintasan) planet mengelilingi matahari.

Ekliptika adalah bidang edar bumi, planet-planet dapat mengelilingi matahari karena adanya gaya gravitasi matahari.

Susunan planet : Me Ve Bu Ma Yu Sa Ura Ne

Planet dalam : Me Ve. Planet luar: Ma Yu Sa Ura Ne

Planet terbesar : yupiter, plater terkecil : Merkurius

Planet yang cahanya paling terang : venus.

Mars disebut planet merah, merkurius disebut bintang pagi/ bintang malam.

Planet yang memiliki cincin: saturnus

Satelit adalah benda langit yang mengelilingi planet

Satelit ada 2 macam : satelit alam dan satelit buatan
Bulan merupakan satelit alam bumi
Pengaruh bulan terhadap bumi adalah terjadinya pasang naik dan pasang surut air laut.

Manfaat satelit buatan adalah untuk keoerluan penyelidikan ilmiah, untuk mencatat dan mengirim informasi cuaca, untuk komunikasi, untuk penghubung siaran radio & tv
Jumlah satelit pada planet: bumi (1), mars(2), yupiter(16), saturnus(18), uranus(15), neptunus(8)

Satelit mars yaitu probos dan delmos

3 astronot yang pertama mendarat ke bulan : Neil Amstrong, Edwin Aldrin, Michael Collin

ASTEROID (planetiod) adl planet kecil yang beredar mengelilingi matahari dengan lintasan teratur yg berada di antara lintasan Mars & Yupiter contoh : cerres, Vesta, Juno.

Komet ( bintang berekor ) adl benda langit yg mengelilingi matahari dgn lintasan sangant lonjong ( elips) dan bergerak mendekati matahari ekor komet salalu menjauhi matahari contoh : komet Halley ( muncul setiah 76 tahun sekali), komet Shoemaker Levy ( susedah musnah ) komet west

METEROID ( Bintang jatuh ) adl benda langit berukuran kecil yg berseliweran di ruang angkasa
Rotas adl perputaran benda langit pada porosnya (sumbunya), kala rotas : waktu yg diperlukan planet untuk 1 kali berotasi, merkurius 59 hari,venus 243 hari, bumi 24 jam/1 hari, mars 14,6 hari, yupiter 9 jam 5,5 menit.

Revolusi adl peredaran planet2 mengelilingi matahari, kala revolusi : waktu yg diperlukan untuk satu kali berevolusi, merkurius 88 hari, venus 225 hari, bumi 364 seperempat / 1 tahun, mars 687 hari, yupiter 12 tahun.

Fungsi atmosfer bumi adl melindungi bumi dari sinar ultra violet yang dapat mematikan kehidupan membuat suhu yg cocok untuk berlangsungna kehidupan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendistribusikan surat or dokumen

A. DISTRIBUSI SURAT  Salah satu proses penanganan yang tidak kalah penting adalah mendistribusikan surat. Baik surat masuk maupun keluar yang dikirimkan, sangat memerlukan penanganan yang baik slaam pendistriubusiannya. Jangan sampai dokumen yang diterima atau dikirimkan salah tujuan atau orang. Jika dokumen/surat salah sasaran, bia terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Misalnya surat akan diambil atau dibaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu hal ini dapat menyebabkan informasi dalam surat tersebut hilang. Begitu juga dengan surat rahasia, sangnat berbahaya apabila dibaca oleh orang yang berkepentingan. Untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan dalam penanganan surat, perlu adanya antisipasi. Beberapa hala yang harus diperhatikan dalam pendistribusian surat, antara lain sbb : Pastikan surat sudah terbaca dengan baik sehingga dapat diketahui mana surat biasa dan mana surat penting Perhatikan dengan benar surat yang bersifat rahasia, jangan sampai t

Bagan surat masuk & surat keluar

 

Proposal Membuat Usaha ( KWU )

  -------------------------------------------------------------------------------------------------------------   1.            PENDAHULUAN A. Nama dan Alamat Perusahaan. Nama Usaha                                : Bintang Langit Alamat Usaha                             : Jalan Awan 180, Bandung B. Nama dan Alamat Usaha. Pemilik usaha                              : Mellinda Kusuma Alamat Pemilik Usaha                        : Jalan Cinta Sejati 2 A, Bandung C. Nama dan Alamat Penanggung Jawab. Nama                                              : Mellinda Kusuma Alamat Penanggung jawab     : Jalan Cinta Sejati 2 A, Bandung   ------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 2. RANGKUMAN EKSEKUTIF Hidup adalah perjuangan ....... Dari perjuagan untuk hidup pastinya semua orang sangat membutuhkan penghasilan untuk berusaha mempertahankan hidupnya. Dan di sepanjang jalan banyak orang