Langsung ke konten utama

Proposal Membuat Usaha ( KWU )


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 
1.           PENDAHULUAN
A. Nama dan Alamat Perusahaan.
Nama Usaha                                : Bintang Langit
Alamat Usaha                             : Jalan Awan 180, Bandung

B. Nama dan Alamat Usaha.
Pemilik usaha                              : Mellinda Kusuma
Alamat Pemilik Usaha                        : Jalan Cinta Sejati 2 A, Bandung

C. Nama dan Alamat Penanggung Jawab.
Nama                                              : Mellinda Kusuma
Alamat Penanggung jawab     : Jalan Cinta Sejati 2 A, Bandung

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


2. RANGKUMAN EKSEKUTIF
Hidup adalah perjuangan .......
Dari perjuagan untuk hidup pastinya semua orang sangat membutuhkan penghasilan untuk berusaha mempertahankan hidupnya. Dan di sepanjang jalan banyak orang penganguran untuk mencari pekerjaan yang layak dan penghasilan yang cukup untuk dapat mempertahankan hidup mereka.
Sehingga kami mendirikan perusahaan bernama CV. BINTANG JAYA terletak di jalan Awan 180 Bandung ini menyediakan bergabai macam Alat Tulis Sekolah ( ATS ), kami dapat membantu dan mengurangi pengangguran yang merajalela dan meringankan beban bagi orang yang sangat membutuhkan pekerjaan.
Kami mempunyai prospek masa depan bagi perusahaan CV. BINTANG LANGIT dalam usaha Alat Tulis Sekolah ( ATS ) ini yaitu keinginan untuk membuka cabang ke luar kota, luar jawa, hingga luar provinsi. Setelah perusahaan kami sudah merambat ke berbagai cabang di penjuru indonesia kami akan membangun cabang lagi hingga ke luar negeri. Supaya perusahaan kami semakin maju dan berkembang pesat.
Walaupun persaingan usaha di lingkungan kewirausahaan semakin ketat, kami akan mencoba mendesain interior di dalam perusahaan kami dengan menarik supaya para konsumen merasa betah dan nyaman ketika berada di perusahaan kami. Selain itu produk yang kami jual ataupun kami tawarkan sengat menarik, produk yang kami pesan dari luar negeri yang dekat dengan indonesia seperti Malyasia dan Singapura sehingga berbagai model yang dapat menarik perhatian konsumen dengan harga produk Alat Tulis Sekolah ( ATS ) Harga yang kami kenakan tidak terlalu mahal harga kami memberikan harga yang relatif murah. Agar produk kami cepat laku terjual habis.
Selain kami menjualkan produk Alat Tulis Sekolah ( ATS ) melalui wilayah bandung seperti : gramedia, gunung agung, merbabu,  toko toko  Alat Tulis Sekolah ( ATS ) eceran maupun grosir, bahkan koperasi sekolah maupun kantor yang masih teruju di wilayah jateng, jatim dan jabar. Walaupun perusahaan kami tidak menyediakan atau menjual peralatan kantor atau ATK, kami mencoba menawarkan kepada kantor – kantor. Kami juga menawarkan melalui media Online seperti Twitter, Facebook, dan website.
Produk yang kami jual beraneka ragam bentuk dan model Alat Tulis Sekolah ( ATS ) berupa perlengkapan sekolah bagi para pelajar sekolah, mahasiswa – mahasiswi ataupun para kayawan – karyawan kantor maupun toko. Seperti Bolpoin, Buku Tulis, Kertas HVS, Penghapus, Spidol dan lain – lain . Produk yang di hasilkan oleh perusahaan CV. BINTANG LANGIT tentunya alat tulis sekolah yang di jual secara GROSIRAN,keistimewaan dari produk kami mempunyai berbagai macam peralatan yang menarik dan terdapat corak – corak gambar bagi para anak anak dapat membuat semangat ber aktifitas di sekolah karena peralatan sekolah yang menarik dan lucu, kami juga menyesuaikan corak dari kalangan anak – anak, remaja, dewasa dan kayawan.
Perusahaan kami melakukan penwaran produk secara keliling melalui salesman yang biasanya kami melakukan penwaran melalui toko – toko yang menjual belikan secara eceran maupun secara grosiran. Kami menyediakan 4 buah montor nagi para salesman dan 1 mobil box tertutup untuk melakukan pengiriman pemesanan di sekitar prusahaan kami dan luar kota yang melakukan pemesanan sangat banyak. Selain itu perusahaan kami mempromosikan produk Alat Tulis Sekolah ( ATS ) dengan melakukan penyebaran brosur harga, menelpon perusahaan lain dan melakukan sale harga.
Perusahaan CV. BINTANG LANGIT, mempunyai 40 orang karyawan. 5 sebagai salesman,  5  orang sebagai mempromosikan produk Alat Tulis Kami, 20 orang untuk melayani dan menangani para pelangan yang melakukan pembelian di toko perusahaan, 20 orang sebagai penyortiran produk yang akan di kirim melalui luar kota.
Mendirikan perusahaan CV. BINTANG LANGIT, kami mengajukan juga berbagai surat – surat pendirian usaha untuk meminta ijin membangun perusahaan Alat Tulis Sekolah. Dari hari ke hari penjualan produk yang menjanjikan dan dapat meraih keuntungan secara cepat.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------


3. ANALISI INDUSTRI
A. Prospek masa depan usaha.
           Prospek masa depan untuk perusahaan CV. BINTANG LANGIT ini, kami inggin membuka cabang keluar kota, luar jawa hingga luar provins, setelah usaha kami sudah merambat cabang ke berbagai penjuru indonesia kami juga akan membangun perusahaan hingga keluar negeri yang terdekat terlebih dahulu seperti Malaysia dan Singapura, setelah itu kami merambat hingga berbagai negara. Supaya Perusahaan cv. BINTANG LANGIT, yang menjual beraneka ragam Alat Tulis Sekolah ( ATS ) dapat berkembang pesat.

B. Analisa Persaingan Usaha.
Walaupun Persaingan perusahaan semakin ketat kami selalu mencoba lebih beda dari perusahaan yang lain supaya kami selalu kedatangan pesanan dan pelangan.  Bahkan kami akan memdesain perusahaan kami supaya menarik agar pelangan merasa nyaman dan betah berada di perusahaan kami seperti memasang AC / Kipas Angin, memberikan ruang tunggu yang terdiri dari kursi dan meja, bagi para pelangan yang kelelahan mengantri saat membeli, meyediakan Majalah supaya pelangan tidak merasa jenuh dan dapat menunggu antrian dengan membaca yang, terkhir kami siapkan Air minum agar pelangan dapat meminum Air putih yang telah kami sediakan, kemudian toilet bagi para pelangan yang ingin BAB / BAK.

C. Segmentasi Pasar yang dituju.
             Segmentasi yang kami turu yang pertama di wilayah bandung seperti merbabu, gramedia, toko Alat Tulis Sekolah ( ATS ) yang menjual secara eceran maupun grosiran, setelah itu kami kami menawarkan di berbagai luar kota seperti daerah jawa timur, jawa barat dan jawa barat.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. GAMBARAN USAHA
A. Produk / jasa yang dihasilkan.
  Diantaranya :
           Bolpoin, pensil, buku tulis, kertas carton, kertas HVS, Pengaris, penghapus, tempat pensil,Tip – ex, jangka, gunting, spidol, Isi spidol, Pena, isolasi, lem kertas , Klip kertas, kertas folio, stabilo, pembatas buku dan lain lain.

B. Jasa Pelayanan.
  Perusahaan CV. BINTANG LANGIT, mempunyai 40 orang karyawan. 5 sebagai salesman,  5  orang sebagai mempromosikan produk Alat Tulis Kami, 20 orang untuk melayani dan menangani para pelangan yang melakukan pembelian di toko perusahaan, 20 orang sebagai bagian gudang dan bagian administrasi.
D. Personalia dan Perlengkapan Kantor.
          Kasir sebagai mengurus uang masuk dan uang keluar. tagihan dan Administrasi sebagai mengurus adminstasi kantor dari penjualan dan pembelian di perusahaan kami.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
5. RENCANA PRODUKSI, ORGANISASI DAN  PEMASARAN
 A. Pembagian tugas dan tanggung jawab personalia.
·     Salesman bertugas sebagai mengirim danmenawarkan produk  ATS kami.
·     Administrasi dan gudang bertugas menangani barang masuk dan barang keluar serta menghitung uang.
·     Kasir bertugas sebagai menerima uang dari hasil penjualan.

B. Promosi dan Pengembangan Produk.
        Kami mempromosikan produk kami melalui ke ber bagai sepermarket, brosur penjualan harga yang kami terapkan, melakukan potongan harga pada produk baru agar pelangan dapat merasakan manfaat dari produk baru kami, dan yang terakhir kami mempromosikan lewat media komunikasi seperti menelepon perusahaan lain maupun toko – toko.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

6. PERMODALAN DAN RESIKO USAHA
A. Sumber modal dan proyeksi aliran kas.
        Pinjaman Bank sebanyak Rp 50.000.000 dan modal pribadi sebanyak Rp. 40.000.000.

B. Evaluasi tentang kekuatan dan kelemahan usaha.
Mengevakuasi tentang kekuatan dan kelemahan usaha dengan mengunakan Analisis Swot Yaitu :

Ø STRENGHT (KEKUATAN)
·     Menjual berbagai macam Alat Tulis Sekolah ( ATS )
·     Letak tempat usaha yang strategis dan    mudah dijangkau.
·     Banyak pilihan Macam Alat Tulis Sekolah ( ATS )

Ø WEAKNESS (KELEMAHAN)
·          Belum mempunyai cukup banyak pelangan.

Ø OPPORTUNITY (PELUANG)
·          Pemakaian alat tulis yang tidak ada batas waktunya semakin tinggi pertumbuhan masyarakat maka semakin tinggi pula kebutuhan untuk pemakaina alat tulis.

Ø TREAT (ANCAMAN)
·         Banyaknya pesaing baru

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
7. APENDIKS
A. Surat – surat pendirian usaha.
PEMERINTAH KOTA BANDUNG
DINAS PELAYANAN PERIJINAN TERPADU
________________________________________________________________________

SURAT IJIN TEMPAT USAHA
Nomor: 201/xx/2010

Memberikan ijin usaha kepada:

Nama toko                              : CV.BINTANG LANGIT
Alamat                                    : Jalan Awan 180
Bidang Usaha                         : Penjualan Alat Tulis Sekolah ( ATS
Nama penanggung jawab      : Mellinda Kusuma
Luas ruang usaha                    : 40 meter persegi
Berlaku s/d tanggal                 : 2015

Dengan ini memutuskan berdasarkan peraturan Pemerintah Kota Tangerang tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di  : Bandung
Tanggal :  8 Mei 2011


Kepala Suku Dinas
Pelayanan dan Perijinan
Kota Tangerang







                                                                                             Drs. Samsul Bahri


----------------------------------------------------------------------------------------------------------



B. Daftar harga dan pemasok barang.
No
Nama Barang
Harga /lusin
01.
Bolpoin Cina
Rp.          23.000
02.
Bolpoin Standar Hitam
Rp.            9.000
03.
Bolpoin Standar Merah
Rp.            9.000
04.
Bolpoin Standar Biru
Rp.            9.000
05.
Pensil Mekanik Kenko
Rp.          10.000
06.
Pensil HB
Rp.            8.000
07.
Pensil Fabel Castel
Rp.          25.000
08.
Pensil 2B
Rp.          24.000
09.
Pensil Warna Fabel Caster 12 classic colour
Rp.        250.000
10.
Pensil Warna Fabel Caster 69 classic colour
Rp.        734.000
11.
Pensil Warna Station 12 classic colour
Rp.          70.000
12.
Caryon Titi 12 Colour
Rp.        150.000
13.
Crayon Titi 69 Colour
Rp.        510.000
14.
Penhapus fabel Caster small
Rp.          40.000
15.
Penhapus Kenko big
Rp.          35.000
16.
Penhapus Shaun The Sheep
Rp.          25.000
17.
Penggaris 18 Cm
Rp.           15.000
18.
Penggaris 30 Cm
Rp.          31.000
19.
Spidol Snowmane 12 colour
Rp.          99.000
20.
Spidol Broadmarker Snowmane
Rp.          50.000
21.
Spidol Permanent Snowmane
Rp.          45.000
22.
Buku Tulis Garis Sidu 38 lembar
Rp.        182.000
23.
Buku Tulis Garis Kiky 38 lembar
Rp.        190.000
24.
Buku tulis Kotak kecil 38 lembar sidu
Rp.        170.000
25.
Buku Tulis Kotak kecil Kiky 58 lembar
Rp.        600.000
26.
Buku Batik Arisan Panjang
Rp.          44.000
27.
Buku Batik Arisan Pendek
Rp.          32.000
28.
Buku Gambar sidu besar
Rp.          26.000
29.
Buku Gambar Sidu Kecil
Rp.          22.000
30.
Isi pensil Mekanik Fabel Casterl 20 Sheet
Rp.          44.000
31.
Isi pensil Mekanik Kenko 12 Sheet
Rp.            9.000
32.
Stabilo Roll
Rp.          20.000
33.
Tip – x solasi kenko
Rp.          52.000
34.
Tip – X cair kenko
Rp.          26.000
35.
Tempat Pensil Besi
Rp.        160.000
36.
Tempat Pensil Kain
Rp.          50.000
37.
Jangka Kenko
Rp.          39.000
38.
Doubel Tip
Rp.          20.000
39.
Isolasi Hitam besar
Rp.          81.000
40.
Isolasi Transparan besar
Rp.          75.000
41.
Isolasi Hitam Kecil
Rp.            5.000
42.
Isolasi Hitam Besar
Rp.            5.000
43.
Kertas HVS Sidu putih
Rp.        220.000
44.
Kertas HVS Gelatik Buram
Rp.        160.000
45.
Kertas Folio
Rp.        510.000
46.
Lem Kertas Povinal
Rp.          15.000
47.
Lem UHU
Rp.          51.000
48.
Lem Castol
Rp.          39.000
49.
Rautan BIG
Rp.        250.000
50.
Rautan Kecil
Rp.          25.000
51.
Cat Air 12 colour
Rp.          39.000
52.
Cat Poster
Rp.          91.000

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendistribusikan surat or dokumen

A. DISTRIBUSI SURAT  Salah satu proses penanganan yang tidak kalah penting adalah mendistribusikan surat. Baik surat masuk maupun keluar yang dikirimkan, sangat memerlukan penanganan yang baik slaam pendistriubusiannya. Jangan sampai dokumen yang diterima atau dikirimkan salah tujuan atau orang. Jika dokumen/surat salah sasaran, bia terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Misalnya surat akan diambil atau dibaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu hal ini dapat menyebabkan informasi dalam surat tersebut hilang. Begitu juga dengan surat rahasia, sangnat berbahaya apabila dibaca oleh orang yang berkepentingan. Untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan dalam penanganan surat, perlu adanya antisipasi. Beberapa hala yang harus diperhatikan dalam pendistribusian surat, antara lain sbb : Pastikan surat sudah terbaca dengan baik sehingga dapat diketahui mana surat biasa dan mana surat penting Perhatikan dengan benar surat yang bersifat rahasia, jangan sampai t

Bagan surat masuk & surat keluar